Apa Itu Margin Trading Saham?

Apa Itu Margin Trading Saham?

3922
0
SHARE
Apa Itu Margin Trading Saham?

Bagi Anda yang saat ini menjalani profesi sebagai trader saham atau Investor di pasar modal, baik investor jangka panjang ataupun jangka pendek, pasti sudah tidak asing lagi dengan fasilitas Margin Trading. Namun belum banyak yang tahu, sebenarnya apa fungsi fasilitas margin trading ini. Apa Manfaat dan Bahaya-nya?

Apa itu Fasilitas Margin Trading?

Margin trading adalah fasilitas yang disediakan oleh perusahaan sekuritas atau broker saham bagi nasabahnya, yang memungkinkan Anda sebagai trader atau investor bisa membeli saham beberapa kali lipat dari jumlah cash yang Anda miliki. Kenapa bisa begitu? Ya, kita bisa membeli saham lebih banyak/kita memiliki modal lebih banyak beberapa kali lipat dari dana cash yang tersedia di portofolio karena perusahaan sekuritas memberikan kita pinjaman dana untuk kita bertransaksi saham.

Masih bingung? Liat contoh ilustrasi berikut:

Andi memiliki dana sebesar 100 juta rupiah di dalam rekening dana investor yang dapat dia gunakan untuk membeli saham. Akun investor yang Anda miliki diberikan fasilitas Margin Trading 100% dari cash. Di saat yang tepat pula ia ingin membeli saham yang menurutnya bagus dan dalam tren naik (bullish). Dan dia ingin membeli saham dalam jumlah besar, namun dana yang dia punya hanya seratus juta. Nah, dalam kasus ini Andi dapat menggunakan fasilitas Margin Trading yang diberikan perusahaan sekuritas, dengan fasilitas ini Andai bisa membeli saham yang dia mau hingga mencapai batas / Limit 200 Juta (100juta dari dana cash yang dimiliki ditambah 100juta dari fasilitas margin broker). Besaran margin limit tiap perusahan sekuritas berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing broker.

Dalam  penggunakan margin trading para investor dikenakan beban bunga, seperti pada umumnya ketika kita berhutang (tiap perusahaan sekuritas berbeda) pasti akan ada bunganya. Jika biasanya dalam berhutang kita memberikan jaminan barang ataupun surat – surat penting, maka dalam  margin trading saham ini yang dijaminkan adalah saham yang kita beli tersebut.

Namun, ada hal lain yang perlu diketahui dari fasilitas margin trading ini, yaitu tidak semua saham bisa ditransaksikan secara margin. Hanya saham pilihan saja yang memenuhi syarat, salah satu syaratnya adalah perusahaan yang mempunyai fundamental yang bagus, dan yang mengeluarkan data saham perusahaan apa saja yang dapat dibeli menggunakan fasilitas margin trading adalah Bursa Efek Indonesia.

Fasilitas margin trading ini cukup membantu bagi para Trader saham, namun sebelum menggunakan fasilitas ini, sebaiknya pelajari dulu bagaimana memanfaatkan fasilitas margin trading, jangan malu untuk bertanya secara detail tentang aturan margin kepada perusahaan sekuritas.

Apakah berbahaya trading menggunakan margin?

Tentunya ada resiko lebih besar jika Anda menggunakan margin untuk trading saham, jika Anda trading saham menggunakan margin broker, akan ada bunga yang dibebankan ke nasabah yang besarnya biasanya lebih besar dari deposito, biasanya sekitar 15%-25% per tahun.

Fasilitas  margin trading juga merupakan sebuah pengungkit / leverage, merupakan pedang bermata dua.Jika transaksi kita untung, maka hanya dengan modal sedikit saja kita bisa mendapat keuntungan 2 kali lipat atau lebih. Namun jika Anda mengalami kerugian dalam trading Anda, kerugian Anda bisa lebih besar karena harus menanggung bunga tersebut. Payahnya lagi jika Anda menggunakan margin pada saat pasar sedang Bearish/Turun Anda bisa terkena Margin Call dan Forced Sell. Margin Call adalah pemberitahuan bagi nasabah bahwa terjadi penurunan harga saham sehingga nilai saham yang menjadi jaminan berkurang sementara besarnya fasilitas Margin nilainya tetap. Jika nasabah memperoleh Margin Call, maka nasabah harus menambah (Top Up) dana atau menjual saham miliknya. Jika dalam waktu yang ditentukan nasabah tidak mampu menambah dana atau tidak melakukan penjualan sahamnya, maka perusahaan Efek berhak untuk melakukan penjualan paksa atas saham yang dimiliki nasabah (Forced Sell).

Fasilitas margin trading membuat lebih spekulatif dan kurang cocok jika digunakan oleh investor jangka panjang. Fasilitas margin trading hanya direkomendasikan digunakan oleh trader yang sudah berpengalaman menggunakan margin. Bahkan kami sendiri tidak merekomendasikan Anda menggunakan fasilitas margin trading untuk transaksi trading saham diBEI. Anda bisa menggunakan trading dengan margin di Forex atau Stock Options karena sifatnya yang lebih volatile sehingga akan lebih nyaman untuk trading.

Selanjutnya…tentang Trade Limit dan Perbedaannya Dengan Margin Trading

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY