Apa Itu Investasi? Dan Apa Saja Bentuk-Bentuk Investasi?

Apa Itu Investasi? Dan Apa Saja Bentuk-Bentuk Investasi?

1080
0
SHARE
apa itu investasi dan bentuk-bentuk investasi

PemegangSaham.com – Investasi atau sering disebut penanaman modal. Adalah mengalokasikan modal pada sektor tertentu dan bertujuan untuk mendapatkan imbal hasil atau keuntungan di masa yang akan datang. Tujuan investasi pada umumnya adalah untuk meningkatkan asset yang dimiliki. Sedangkan orang yang melakukan investasi disebut sebagai investor.

Ditengah harga kebutuhan pokok yang semakin tinggi, inflasi yang tidak terbendung. Menjadikan investasi menjadi hal yang penting bagi semua orang. Investasi pada masa sekarang ini sebenarnya tidak membutuhkan dana yang besar, seperti yang diketahui/menyebar bahwa untuk berinvestasi, diperlukan dana yang besar.

“Investasi sebaiknya dilakukan sedini mungkin walaupun dengan sedikit uang, dan jangan menunggu berinvestasi sampai memiliki banyak uang”

Karena dengan berinvestasi, maka asset kita berpotensi untuk tumbuh dan berkembang dan tidak berkurang nilainya karena inflasi.

Pada prinsipnya, investasi dibagi dalam 2 bentuk, yaitu:

1. Investasi Riil, yaitu menginvestasikan uang dalam asset berwujud, bisa berupa usaha, atau bisa berupa emas, tanah, bangunan dll.

2. Investasi Finansial, yaitu investasi dalam sektor keuangan, contohnya deposito, obligasi, sukuk, reksadana, saham dll

Setiap orang memiliki karakter dan kecocokan sendiri-sendiri terhadap jenis-jenis investasi. Hal ini dikarenakan setiap investasi pasti mengandung resiko baik low, medium maupun high risk. Sehingga kemampuan seseorang menanggung resiko akan mengarahkan seseorang kepada jenis investasi yang cocok.

Tips Sebelum Berinvestasi

Untuk terjun dalam berinvestasi, seseorang harus mengenal investasi lebih jauh dengan mempelajari dan memahami resikonya terlebih dahulu. Karena bentuk-bentuk investasi sangat beragam, perlu dilakukan prioritas investasi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal sesuai dengan karakter Anda.

Berikut adalah contoh-contoh investasi urut sesuai dengan besarnya resiko, paling awal yang paling tidak beresiko:

Jenis-Jenis Investasi dan Resikonya
Jenis-Jenis Investasi dan Resikonya

Nah, buat Anda, sudah siapkan Anda berinvestasi?

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY