GIAA Pertimbangkan BuyBack Saham

GIAA Pertimbangkan BuyBack Saham

1059
0
SHARE
GIAA pertimbangkan Buyback Saham

PemegangSaham.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sudah anjlok 15% sepanjang tahun 2015 ini. Harga saham emiten-emiten juga jatuh, tak terkecuali saham PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA).Akhir tahun 2014 lalu saham GIAA masih di Rp 555 per lembar. Pada penutupan pasar sesi pertama hari ini 25 Agustus 2015, GIAA sudah anjlok sampai di Rp 328 per lembar.

Direktur Utama Garuda Arif Wibowo mengatakan, maskapai penerbangan pelat merah itu sedang mempertimbangkan untuk membeli kembali (buyback) sahamnya sendiri di pasar modal.

“Saya belum bisa sampaikan, tapi kita lihat dari perkembangan pasar modal semuanya memang lagi drop. Kita sedang lakukan pertimbangan-pertimbangan itu,” katanya di JCC Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (21/8).

Dengan lakukan buyback saham, Garuda bisa membeli sahamnya sendiri di harga murah dan menjualnya kembali saat harga tinggi. Dengan demikian, ada keuntungan investasi dari saham sendiri.

Lazimnya, perusahaan bisa buyback dengan meminta persetujuan pemegang saham terlebih dahulu. Namun dalam kondisi khusus seperti sekarang ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang mengkaji untuk mengeluarkan aturan supaya buyback bisa langsung dilakukan.

“Kita lihat dulu aturannya, nanti kita ambil tindakan. Kita akan koordinasikan dengan Kementerian BUMN,” ujarnya.

Sementara mengenai dolar AS yang sudah naik tinggi, Arif mengaku perusahaan pelat merah itu sudah melakukan stress test. Ia memprediksi marjin keuntungan perusahaan akan turun.

“Kita sudah lakukan stress test, kita tes sampai paling berat. Kita lakukan strategi fundamental kalau itu bergerak terus. Yang jelas traffic itu nggak drop sekali, mungkin yield akan turun,” ujarnya.

Secara teknikal harga saham GIAA saat ini adalah level terendah sepanjang sejarah emiten ini masuk bursa sejak tahun 2011

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY